Berita

img

PT. PERIKANAN NUSANTARA (PERSERO) CABANG MAKASSAR KEMBALI EXPORT GURITA KE JEPANG

PT Perikanan Nusantara (Persero) cabang Makassar pada tanggal 6 Februari 2021 kembali melakukan ekspor Gurita beku ke Ajirushi Company melalui Pelabuhan Makassar menuju Pelabuhan Ibaraki Perfecture, Jepang. Gurita frozen block yang di ekspor saat ini adalah sebanyak 10.140 Kg dengan nilai 43.511 USD. Ekspor ini merupakan ekspor gelombang pertama di tahun 2021 yang mengawali ekspor Perinus selanjutnya, ungkap Adi Warsito selaku Branch Manager cabang Makassar.

"Sejak 2017 Perinus telah mengekspor produk Gurita beku ke Ajirushi Company sebanyak 250 Ton atau setara dengan 1,8 Juta USD. Produk gurita kami di proses di Unit Pengolahan Ikan (UPI) Perinus cabang Makassar yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 5 ton per hari dengan sertifikasi HACCP (Hazard Analisis Critical Control Point) dan sebelum dikirim ke Jepang sudah dilakukan pengecekan oleh BKIPM Makassar sehingga menjamin bahwa produk kami berkualitas ekspor", Ungkap Primawan Badri, Direktur Operasional dan Pemasaran PT Perikanan Nusantara (Persero).

Farida Mokodompit selaku Direktur Utama Perinus menyampaikan " Terima kasih atas kembalinya kepercayaan Ajirushi kepada Perinus. Bersama ini Perinus akan selalu berupaya meningkatkan kualitas produk gurita agar dapat diterima dengan baik oleh pasar di Jepang, serta menjaga kepercayaan tersebut guna peningkatan volume dan varian produk perikanan lain ke depannya".

Menurut I Gede Ranowariga, sebagai perwakilan QC Ajirushi di Makassar, "Produk Gurita yang dikirim berupa whole clean berbentuk frozen block, semua Gurita dari nelayan Perinus langsung kami cek, Quality control dilakukan dengan standar tinggi, seperti diketahui Jepang memiliki standar kualitas yang lebih tinggi dibanding negara lain, sehingga produk yang dikirim saya pastikan adalah produk dengan kualitas premium atau kualitas terbaik".

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii turut mendukung kerjasama yang telah terjalin antara Perinus dan Ajirushi Company. Pada Juli 2019 Masafumi Ishii dan tim secara langsung melihat proses Gurita di Perinus cabang Makassar, Masafumi mengakui bahwa Jepang memang merupakan Pasar terbesar ekspor Gurita. Melihat hal ini Perinus optimis dan berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas produk sehingga Perinus dapat berperan dalam meningkatkan devisa negara dan kesejahteraan nelayan Gurita, khususnya di daerah Sulawesi.