Berita

img

Wamendag Jerry Tinjau Progres SRG di PT Perikanan Nusantara (Persero) Cabang Bitung

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berkunjung ke kantor PT. Perikanan Nusantara (Persero) cabang Bitung, Kamis (15/4/2021). Wamendag meninjau kesiapan PT Perinus sebagai salah satu operator penyelenggara Sistem Resi Gudang (SRG) untuk perikanan.
Dalam kunjungan kerja ini Wamendag diterima oleh Komisaris PT. Perikanan Nusantara (Persero) Andre JO Sumual, Direktur Operasional dan Marketing PT. Perikanan Nusantara (Persero) Primawan Badri serta Kepala Cabang PT. Perikanan Nusantara (Persero) Bitung Manjappai Daeng Bella.
Wamendag Jerry Sambuaga berkesempatan menjelaskan tentang pentingnya Sistem Resi Gudang (SRG) sebagai sarana gudang yang bisa digunakan oleh nelayan dan pengusaha ikan. "Program SRG merupakan upaya pemerintah untuk membantu menyejahterakan nelayan dengan menerapkan sistem tunda jual dan pembiayaan perdagangan dengan memberikan kredit dengan jaminan komoditi yang disimpan di Gudang SRG. Selain itu, gudang SRG akan diintegrasikan dengan pasar sehingga Pemerintah dapat memantau stok dan mutu komoditi di lapangan dengan lebih akurat,".
Untuk itu, Wamendag Jerry Sambuaga berinisiatif menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) untuk menjadi standby buyer bagi komoditi yang disimpan di Gudang SRG.
Dalam kunjungannya Wamendag didampingi Kepala Bappebti Sidharta Utama, Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, Ketua Aprindo Roy Mandey, serta jajaran Kemendag, Pemprov Sulut, dan Pemkot Bitung.
Direktur Operasi dan Marketing PT. Perikanan Nusantara (Persero) Primawan Badri mengapresiasi kunjungan ini dan berterima kasih kepada Wamendag yang sudah mau bekerjasama membangun SRG di gudang Perinus cabang Bitung.
Sementara itu, Komisaris PT. Perikanan Nusantara (Persero) Andre JO Sumual pun mengapresiasi kunjungan Wamendag Jerry Sambuaga ke Kantor PT Perinus cabang Bitung ini. "Terima kasih kepada Wamendag yang sudah mau mempercayakan kepada Perinus sebagai salah satu SRG perikanan. Ini bagian dari usaha menyejahterakan nelayan dan pengusaha perikanan di Bitung,".